.

ORANG TUA CONTOH BAGI ANAK

Sebagai seorang pengajar di sekolah kejuraan tingkan atas, membuat saya sangat mengenal banyak sekali karakter dan kepribadian anak. Anak - anak yang malas dan suka bolos , sering dipanggil orang tuanya . Dari situ saya dapat melihat dan mengenal sedikit lebih tentang kondisi keluarga.

Berdassrakan pengalaman yang saya kumpulkan , semua anak - anak yang bermasalah memiliki orang tua yang bermasalah juga. Mereka memaksa anak untuk baik, sementara mereka sendiri tidak baik. Orang tua  meminta anaknya rajin sekolah , sementara orang tuanya sendiri pemalas. Orang tua memaksa anak rajin belajar , sementara orang tua pulang kerja hanya sibuk menonton TV atau ngobrol dengan tetangga. Orang tua memaksa anak rapi dan bersih dalam berpakaian , sementara orang tua sendiri berpakain tidak rapi dan semaunya sendiri.

Anak - anak adalah pengikut kita. Mereka setia sekali mengikuti contoh yang ada di depan mata mereka. Sebagai orang tua , kitalah yang paling sering mereka lihat. Mereka mengikuti semua gaya kita . Mereka mengikuti semua karakter dan kepribadian kita. Mereka mengikuti semua bahasa bicara kita. Jadi sebagai orang tua kita harus benar - benar menjaga sikap dan perbuatan kita.

Kalaiu kita suka memarahi anak , maka anak pun jadi orang yang pemarah. Kalau kita malas membaca, maka anak pun malas membaca. Kalau kita malas bangun pagi , maka anak pun malas bangun pagi. Semua tindakan kita diikuti oleh anak.

Nasehat orang tua hanya 1 persen yang anak ingat , tapi 99 persen anak mengingat tindakan dan sikap orang tuanya

Jadi sangatlah mudah mendidik anak kita menjadi baik dan rajin belajar , asalkan kita mau memberi contoh baik dan rajin membaca. Tak perlu capek - capek memarahi dan menasehati , tapi cukup memberikan contoh pada mereka. Berilah contoh pada anak , apa yang ingin kita harapkan dari anak tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar