.

Pemicu Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Rumah tangga tak pernah luput dari pertengkaran. Pertengkaran ini adalah proses saling memahami dan saling mengerti dalam memahami pasangan kita. Tapi jika tidak hati - hati , pertengkaran ini dapat menimbulkan perceraian dan perpecahan dalam rumah tangga. Untuk itu dibutuhkan cara bijak dalam mengatasi pertengkaran tersebut. Sebelum memahami cara mengatasi pertengkaran , maka kita harus mampu mengenali pemicu timbulnya pertengkaran dalam rumah tangga tersebut

Pemicu pertengkaran rumah tangga adalah :
  1. Badan terlalu capek. Setelah pulang kerja seharian , maka kita akan merasa sangat capek. Ditambah dengan suasana jalan Jakarta yang macet , membuat perjalan menjadi sangat lama dan melelahkan. Kondisi badan yang tidak fit , akan membuat pikiran mudah menjadi tersinggung. Untuk itu jangan pernah membicarakan hal - hal berat pada saat badan sangat capek. Lebih baik segera tidur , agar badan menjadi sehat dan segar kembali.
  2.  Stress. PIkiran yang kacau sangat mudah membuat kita menjadi marah, masalah kecil saja akan membuat kita muda menjadi tersinggung dan marah. Untuk itu pada saat seperti ini, lebih baik kita lebih banyak diam, jangan terlalu banyak bicara, dan segeralah cari hiburan yang bisa membuat stress berkurang dan hilang.
  3. Terlalu banyak menjelaskan kemauan kita. Memaksakan kemauan kita adalah hal yang membuat pertengkaran. Tapi bukan berarti kita tidak boleh memaksakan kemauan kita, namun caranya yang berbeda. Untuk itu hindarilah terlalu banyak menjelaskan kemauan Anda dengan cara menceritakan dengan omongan. Tapi gunakanlah cara penjelasan dengan tindakan Anda.
  4. Tidak konsisten dengan sikap dan kepribadian Anda. Jika Anda bukan orang penceria, maka janganlah memaksakan diri untuk selalu ceria, bercandalah dengan istri Anda sesuai ritme Anda. Bercanda yang berlebihan , melampui ritme Anda , akan membuat kondisi emosional Anda berada diluar kendali. Ketika ada pemicu yang membuat Anda tersinggung, maka Anda mudah tersinggung. Karena kondisi emosi Anda sudah berada diluar kendali Anda. 
  5. Menyimpan amarah terlalu lama. Mendiamkan istri atau pasangan Anda terlalu lama , akan membuat perasaan sakit hati dan dendam terus berkembang. Kembalilah berbaik dengan bertegur sapa, tapi tetap jaga bahwa Anda menjaga jarak, untuk menunjukkan Anda tadi marah padanya.
Lima hal pemicu pertengkaran ini , semoga menginspirasi Anda agar berhati - hati bila Anda masuk dalam situasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar