.

Sikap Yang Harus Dimiliki Kepala Keluarga

Membina rumah tangga sama halnya dengan mengarungi samudera dengan sebuah kapal besar. Kadang ombak kecil datang menerpa, kadang ombak besar menerjang. Mungkin saat ombak kecil kita masih kuat menahan , namun saat ombak besar yang menerpa kita menjadi lemah dan terombang - ambing. Bahtera rumah tangga sangatlah rapuh dan mudah bocor serta hancur. Maka itu kita harus terus memperbaiki dan memperkuat bahtera rumah tangga kita. Namun banyak orang yang tidak berhasil mempertahankan bahtera rumah tangga tersebut, tapi banyak juga yang berhasil.

Lalu bagaimana cara mempertahankan bahtera rumah tangga ini ?

Sebagaimana sebuah kapal besar , maka terdapat seorang kapten. Bahtera rumah tangga ini terdapat juga seorang kapten, yaitu suami. Tugas seorang kapten adalah mengarahkan dan memimpin awak kapal untuk mencapai tujuan dan membawa kapal selamat semuanya. Tugas kapten sangatlah tidak mudah , karena dibutuhkan jiwa seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang baik tidaklah mementingkan dirinya sendiri , tapi mementingkan kepentingan seluruh awaknya. Seorang pemimpin tidak mementingkan kebutuhan seorang anggotanya saja, tapi semua awaknya. Seorang kapten mengambil keputusan dan tindakan berdasarkan kebenaran yang hakiki, kebenaran yang akan menguntungkan seluruh anggotanya. Seorang pemimpin berada paling depan dalam menghadapi semua masalah , dan tantangan . Seorang pemimpin selalu tegar dan kuat dalam bertarung dengan semua masalah dan tantangan , karenanya para anggotanya selalu berlindung dibaliknya.

Itulah semua sikap seorang kapten atau pemimpin yang harus dimiliki oleh seorang kepala keluarga dalam memimpin bahtera rumah tangga ini.  Aplikasi sikap itu untuk kepala keluarga dalam membawa bahtera rumah tangganya adalah :
  1. Jangan suka mengeluh. Sikap mengeluh menunjukkan sikap lemah, sikap seorang pecundang. Sikap yang menunjukan bahwa kita terlalu lemah dalam menghadapi semua masalah termasuk masalah kecil. Sebagai kepala keluarga kita harus kuat dan tegar , dan tidak boleh ada masalah yang dapat mengalahkan kita. Untuk itu janganlah Anda mengeluh.
  2. Jangan suka membicarakan keburukan orang lain. Kadang seorang istri sangat suka dengan gosip. Perempuan itu mahkluk lemah , makanya dia tidak mampu menghadapi orang lain, caranya adalah dengan menggosipkan keburukan orang tersebut dibelakangnya. Kadang kita kepala keluarga sering terhanyut untuk ikut berempati dengan ikut ambil bagian dan menanggapi gosip istri kita. Untuk itu janganlah sampai kita menanggapi gosip tersebut. Tapi jangan juga kita melarangnya agar tidak bergosip, karena itu tidak akan menimbulkan konflik. Cara terbaik adalah mendiamkan saja ,ketika dia bergosip, dan jangan beri respon apapun terhadap gosipnya yang negatif, tapi responlah jika gosip itu positif. 
  3. Jangan menyimpan amarah ! Pemimpin tidak pernah marah pada anggotanya. Dia hanya memerintah anggotanya dengan sangat keras dan tegas. Walaupun kita menunjukkan kemarahan kita , tapi itu semua adalah perintah yang harus istri patuhi untuk menuruti perintah kita. Tapi bukan untuk menunjukkan sakit hati dan kekesalan kita.
  4. Ambil keputusan berdasarkan kepentingan bersama ! Tidak ada anggota keluarga yang merasa dimenangkan atas keputusan kita. Kepala keluarga harus adil dalam memutuskan sesuatu, karena itu jangan terlalu terburu - buru dalam memutuskan sesuatu hal. Pertimbangkan dengan masak dan ikuti intusi Anda.
  5. Bekerja lebih banyak dan lebih keras dari istri Anda! Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang kuat dan tangguh. Anda melebih istri Anda dalam berbagai hal, maka Anda dapat melakukan segala hal dalam rumah tangga. Anda mampu mencari nafkah , mengurus anak, memberishkan rumah , mencuci baju, dan semuanya. Hal ini akan membuat Anda menjadi panutan yang sangat dikagumi istri dan anak Anda. Anggota keluarga akan hormat dan tunduk pada Anda , karena Anda bukan hanya tukang perintah , namun Anda adalah orang yang sanggup melakukan segala hal dalam segala kondisi. Ya dalam segala kondisi , termasuk saat Anda capek dan sangat capek . Hal itu membuat semua anggota keluarga akan sangat mengagumi Anda.
  6. Perintah hanya satu kali ! Beri perintah atau nasehat pada istri dan anak cukup satu kali saja. Jangan pernah menjabarkan panjang lebar , karena tidak ada orang yang mau diperintah. Bila perintah Anda tidak dituruti , maka Anda harus memberikan kosekuensi. Bila Anda memerintahkan istri Anda mematikan TV saat malam agar dia cepat tidur , tapi dia tidak menuruti. Pergilah dan tinggalkan dia , dengan masuk kamar dan tidurlah Anda langsung. Tak perlu marah - marah dengan kata Anda.
Masih banyak sikap kepala keluarga yang harus dikuasai. Peranan kepala keluargalah yang akan mampu membawa rumah tangga tetap langgeng sampai kakek - nenek. Untuk itu rubahlah diri Anda dulu sebagi kepala keluarga, dengan memilki sikap seorang pemimpin. 

19 komentar:

  1. Terimakasih, atas postingannya semoga berguna dan menjadi motivasi saya untuk membina rumah tangga saya dengan baik dan benar

    BalasHapus
  2. terimakasih atas postingnya sangat bermaanfaat sekali dan berguna

    BalasHapus
  3. Bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan

    BalasHapus
  4. Bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan

    BalasHapus
  5. Gak ada pulsa? Dapatkan Pulsa 50.000 rupiah dengan mudah setiap bulannya.
    Download sekarang langsung dapat free cash Rp 1000!
    [Rp 773] Flash Cash! 05 Feb 13:?? WIB https://invite.cashtree.id/4ls3ik

    BalasHapus
  6. Gak ada pulsa? Dapatkan Pulsa 50.000 rupiah dengan mudah setiap bulannya.
    Download sekarang langsung dapat free cash Rp 1000!
    [Rp 773] Flash Cash! 05 Feb 13:?? WIB https://invite.cashtree.id/4ls3ik

    BalasHapus
  7. Terima tulisan semoga ini menjadi amal sholih bagi penulisnya

    BalasHapus
  8. TERIMA KASIH ATAS PEMASUKAN YANG ANDA BERIKAN KEPADA SEMUA PEMIMPIN RUMAH TANGGA

    BalasHapus
  9. Bagus artikelnya, bisa dijadikan pedoman, apalagi seperti saya yang mau mulai mengarungi samudra. . Hehe

    BalasHapus
  10. Postingannya sangat baik. cukup membantu untuk mnjdi seorang kapten dlm rumah tangga. terimakasih Gbu

    BalasHapus
  11. Postingannya sangat baik. cukup membantu untuk mnjdi seorang kapten dlm rumah tangga. terimakasih Gbu

    BalasHapus
  12. Sangat membantu untuk mempersiapkan mental mnjadi kepala rumah tangga

    BalasHapus
  13. Beberapa tips yang sangat berguna untuk kepala keluarga yang baru maupun yang sudah lama

    BalasHapus
  14. Terimakasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  15. Trima kasih atas saran2 yang anda buat semoga tulisan ini menjadi kaca dalam rumah tangga saya yang baru
    God bless you

    BalasHapus