.

Cara Mengatasi Stress

mengatasi stress
Stress....Stress. Orang hidup selalu ada masalah. Kalau  masalah terlalu berat , maka stress yang muncul. Lalu bagaimana cara mengatasi stress? Sebelum membahas masalah stress, Anda harus tahu apa yang membuat stress. Jika kita sudah mengetahui penyebab stress , maka kita dapat menemukan cara yang pas untuk mengatasi stress tersebut. Masalah bukan yang membuat Anda stress, karena masalah hanyalah bagian dari kehidupan. Jadi masalah bukanlah penyebab stress.

Masalah adalah bagian dari kehidupan.

Untuk itu saya tidak akan menyelesaikan masalah yang membuat stress, tapi saya akan membuat Anda mempelajari apa sebenarnya yang membuat Anda stress. Tapi sebelum Anda masuk ke inti pembicaraan kita, tolong ingat ini sekali lagi: Masalah bukanlah penyebab stress. Penyebab stress yang sesungguhnya adalah :
  1. Pikiran yang terlalu sibuk. Saya pernah membaca buku yang berjudul ' Don't Sweat Small With Your Stuff ' Buku ini menjelaskan bagaimana cara mengatasi stress dalam hidup. Salah satunya adalah menjelaskan pikiran yang terlalu sibuk. Pikiran yang terlalu sibuk itu sama seperti sarang lebah yang sangat penuh dengan lebah. Di saat seekor lebah mencoba masuk lagi , maka sarang lebah ini akan pecah. Pikiran kita yang terlalu sibuk , tak akan memberi kesempatan kita pada masalah lain untuk masuk lagi ke dalam pikiran. Pikiran yang terlalu sibuk memikirkan masalah tersebut , membuat kita tak dapat mentolerir kesalahan yang dibuat oleh istri kita. Misalkan istri Anda salah bicara , karena pikiran anda terlalu sibuk, maka anda mudah tersinggung dan kita menganggap itu menjadi masalah.Untuk itu cara mengatasi stress ini adalah menjaga pikiran kita tetap kosong , atau belajar mengosongkan pikiran seperti dalam postingan saya sebelumnya.
  2. Terlalu cepat dalam bergerak. Kecepatan lebih cenderung dengan ketergesaan. Jika kita terlalu cepat dalam bergerak , maka sangat mudah kita menjadi stress. Gerakan yang cepat membuat pikiran terlalu cepat dan terlalu sibuk juga untuk bekerja. Perlambat gerakan Anda sehingga pikiran kita menjadi lebih damai dan lebih tenang.
  3. Berantakan . Apa yang nampak berantakan di mata kita membuat pikiran kita menjadi berantakkan juga. Bila Anda melihat meja kerja berantakkan , atau rumah yang berantakkan , maka pikiran kita menjadi berantakkan . PIkiran yang berantakkan adalah pikiran yang kacau , maka sangat mudah menjadi stress. Cara mengatasi stress ini adalah dengan selalu menjaga kerapian meja kerja , rumah , kamar dan semua hal yang nampak berantakkan . Dengan begini anda dapat terhindar dari stress. 
Setelah Anda mempelajari penyebab stress , Anda harus mengatasi penyebab stress tersebut. Demikianlah tips  cara mengatasi stress , semoga  dapat membantu Anda dalam mengatasi stress Anda.

2 komentar:

  1. Akhir2 ini saya stresss karena besar pasak dari pada tiang, ini menyebabkan saya Menjadi malas berbenah, semua berantakan dan berdebu. karena yg dipikirkan adalah bagai mana mengatasi problem keuangan, yg muncul egoisme yg tinggi dan mudah tersinggung. mungkin karena saya salah mengambil keputusan, tp sudah terlanjur dan harus dijalani. Artikel ini membantu menyadarkan saya untuk segera bangun pagi esok hari dan berbenah. Selamat malam pak thank, saya bobok dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah itu selalu ada , sekarang masalah keuangan , lain kali pasti ada masalah lagi. Tapi bagaimana cara kita menerima masalah itu sebagai bagian dari kehidupan. Tidak ada masalah yang benar - benar menjadi masalah . Masalah itu adalah pelajaran dan latihan untuk kita menjadi lebih baik. Kalau sekarang pengeluaran anda lebih besar dari pada pemasukan maka ada 2 hal yang menjadi pelajaran dari masalah ini : pertama Anda harus mulai berhemat . Kedua Anda harus cari pekerja lain yang membayar Anda dengan gaji yang lebih tinggi. Atau jika Anda masih sekolah , sudah saatnya Anda mencari pekerjaan sampingan untuk menutupi kekurangan uang. Ingat masalah adalah cambuk agar kita mau bergerak dan action.

      Hapus