.

Emosi

Emosi sering dikaitkan dengan hal negatif. Tapi sadarkah saudara bahwa emosi memiliki makna positif juga. Emosi yang kita lihat seperti , kemarahan, dendam, benci dan lain - lain, adalah bentuk emosi negatif. Tapi emosi dalam bentuk harapan , semangat menggebu, ambisi , dan lainnya adalah emosi positif. Jadi emosi adalah sebuah hasrat atau kemauan yang sangat kuat dalam diri Anda.

Emosi Anda akan membawa anda ke masa depan Anda. Emosi Anda menentukan warna hidup Anda. Emosi Anda menentukan perasaan dan suasana hati Anda. Emosi anda adalah suasana hati yang paling menguasai Anda.

Bila Anda memiliki emosi malas, maka tidak ada pekerjaan yang anda kerjakan. Bila emosi Anda ambisius , maka Anda rajin dan bersemangat terus mengejar tujuan hidup Anda. Emosi ini yang akan menentukan kesuksesan Anda. Sekarang bagaimana cara Anda mengelola emosi Anda ? Bagaimana kecerdasan emosi Anda ?

Dalam bahasa intelektual kita mengenal istilah kecerdasan emosional atau EQ. Kecerdasan emosional ini berperan penting dalam menentukan keberhasilan Anda. Banyak murid yang tidak pandai di sekolah , namun sangat sukses setelah di pekerjaan. Contohnya saya dan teman SD saya. Saya adalah murid yang paling pandai di kelas. Saya pegang ranking di kelas. Saat masuk STM saya pun menjadi juara sekolah dalam prestasi pelajaran. Tapi sekarang saya hanya jadi seorang guru , yang tinggal di sebuah rumah BTN. Tapi apa yang terjadi dengan teman SD saya ? Sejak SD dia berada di ranking paling bawah di kelas, bahkan SMA nya pun bukan sekolah unggulan. Tapi sekarang dia sudah tinggal di luar negeri , karena bekerja di sana.

Kepintaran atau IQ yang kita selalu agungkan tidak menjamin orang sukses. Tapi kecerdasan emosi adalah penentu kesuksessan. Kecerdasan emosi yang menyangkut mengolah emosi , akan memberikan jalan sukses anda. Semakin banyak emosi positif yang Anda miliki, semakin besar jalan sukses Anda terbuka. Sedangkan semakin banyak emosi negatif Anda, maka semakin tertutup jalan sukses Anda.

Pandai - pandailah mengolah emosi Anda! Pandailah menanggapi semua perasaan Anda. Jika emosi negatif menguasai perasaan Anda, abaikan saja. Jangan turuti perasaan emosi negatif. Jika emosi negatif itu menyuruh Anda harus marah, biarkan saja . Jangan Anda marah !Karena emosi negatif tersebut akan hilang dengan sendirinya. Semakin kita sering mengabaikan emosi negatif kita, maka emosi negatif itu mulai jarang muncul , dan lama - lama hilang. Tapi semakin sering Anda mengikuti emosi negatif , maka akan semakin banyak bermunculan bermacam - macam bentuk emosi negatif yang menguasai diri Anda.

Jadi taatilah emosi positif Anda. Bila emosi positif kita menyuruh kita rajin belajar, rajin bekerja. Lakukan saja dan turutilah , maka semua emosi positif akan bermuculan dan jalan sukses Anda semakin terbuka lebar.

Sukses adalah bagaimana cara Anda mengolah emosi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar