.

Konsistensi dan Kedisiplinan


Dua hal penting dalam meraih sukses adalah konsistensi dan kedisiplinan. Hal yang sepertinya mudah , tapi tidaklah mudah. Anda konsisten untuk bangun pagi , tapi suatu hari Anda masih merasa ngntuk dan kebetulan hari libur. Anda akan menunda bangun pagi Anda. Dan Anda telah gagal untuk konsisten bangun pagi. Konsistensi dan kedisiplinan adalah dua hal yang sangat bermirip. Konsistensi mengandung makna kemauan Anda untuk melakukan sesuatu secara terus menerus dan teratur serta disiplin dalam waktu dan lainnya. Jadi konsistensi menuntuk seorang untuk melakukan sesuatu secara disiplin.

Lalu apa manfaat konsistensi dan kedisiplinan dalam meraih sukses?

Suksesnya sebuah tim bola tidak ditentukan atas pertandingan hari itu .Tapi latihan dan training serta fisik yang dibina baik dari semua pemainnya selama berbulan - bulan atau bertahun - tahun sebelum hari pertandingan tersebut. Anggap saja Christian Ronaldo, seorang pemain bola yang lihai menggiring bola. Latihan dari dia masih kecil hingga sekarang menjadikannya pemain kelas dunia , adalah buah dari ketekunannya , konsistensi dan kedisiplinannya dalam berlatih. Andaikan ia malas dan tidak konsisten , serta tidak disiplin dalam berlatih , maka mustahil dia jadi seperti yang sekarang ini.

Perhatikannlah pohon atau tanaman di pekarangan rumah Anda . Bagaimana pohon itu tumbuh besar ? Bagaimana rutinnya Anda menyirami pohon tersebut dari bibit , hingga berbuah sekarang ? Berapa tahun Anda melalui waktu menyirami pohon tersebut ? Apa jadinya bila Anda malas menyirami bibit dari pohon tersebut ? Bisakah bibit itu menjadi pohon yang besar seperti sekarang ?

Tak ada orang kaya atau orang sukses dalam satu hari . Tak ada siswa pintar atau pandai dalam satu hari. Mungkin Anda melihat ada kemujuran orang lain , yang mendapat hadiah mobil atau emas batangan di TV ? Tapi apakah mereka cukup beruntung , hingga mereka bisa mendapatkan hadiah tersebut ? Jawabannya tidak , mereka tidak beruntung , tapi mereka membuat keberuntungan datang pada mereka. Atau Anda kesal ketika team bola kita kalah dari Malaysia ? Apakah Malaysia beruntung ? Jawabannya TIDAK. Tapi mereka membuat keberuntungan datang pada mereka. Keberuntungan datang karena si pemenang undian tersebut adalah orang yang rajin menabung di bank , sehingga ia mendapat kesempatan untuk ikut undian berhadiah. Malaysia beruntung karena mereka rajin berlatih sepak bola tiap hari, dan memperbaiki semua kesalahan permainan sebelumnya, sehingga mereka mampu mengalahkan team garuda kita. 

Jadi tidak ada keberuntungan , yang ada adalah konsistensi dan kedisiplinan kita pasti akan membuahkan hasil. Konsistensi kita untuk malas dan main game saja , maka membuahkan kemiskinan dan kesengsaraan hidup kita. Konsistensi kita merusak diri kita dengan bergadang , maka akan membuahkan penyakit . Konsistensi kita untu tekun belajar , maka akan membuahkan kepandaian , naik kelas, disenangi guru dan teman - teman.

Jadi konsistensilah dalam segala hal yang positif , khususnya pada pekerjan yang menuntut kita mencapai cita - cita. Jangan tergesa - gesa mengharapkan hasil, karena hasilnya akan datang pada Anda di saat yang tepat. 

1 komentar:

  1. Hal positif pasti akan dicapai jika kita selalu konsisten

    BalasHapus