.

Tunda Marah Anda Hingga Esok

Marah adalah sebuah cara menyampaikan pendapat dengan cara keras, di mana sudah tidak ada cara lain untuk menyampaikannya. Marah adalah cara tepat memaksakan pendapat . Marah menunjukkan keegoisan kita. Tak ada orang suka dimarahi. Tak ada orang senang bergaul dengan seorang pemarah. Begitu pula dalam rumah tangga. Marah adalah pemicu utama timbulnya perceraian. Namun kemarahan adalah hal yang wajar dalam hidup berumah tangga.Tapi ingat tak ada orang yang suka tinggal dengan seorang pemarah.

Cara paling bijak mengendalikan marah adalah menundanya hingga esok. Dengan menunda kemarahan hingga esok , kita memberikan kesempatan pikiran untuk lebih tenang. Kita dapat menyampaikan pendapat dengan suasana yang lebih damai dan tenang. Begitu pula pasangan Anda akan dalam kondisi emosi yang lebih tenang .

Dengan menunda kemarahan hingga esok , memberi kesempatan menghayati, apa perlu kita marah . Sering setelah menunda kemarahan, saya malah melihat bahwa sebenarnya memang tidak perlu ada yang dipertengkarkan. Saya pernah mau marah pada istri ,karena istri tidak bisa mengatur uang. Kondisi saat itu gaji saya habis dipotong utang. Sementara kebutuhan bulanan , gaji istri yang menangggung. Tugas menafkahi istri adalah tugas suami. Tapi kondisi saat itu malah istri yang menafkahi keluarga. Untungnya saya tidak jadi marah saat itu. Hal itu dapat menjadi jebakan bahwa sebenarnya sayalah yang salah dalam kondisi keuangan saat itu.

Marah menunjukkan kelemahan kita.

Rasa cemburu membara. Emosi Anda tinggi, dan Anda ingin meluapkan kemarahan Anda. Tapi kemarahan itu tak akan membuat pasangan Anda setia pada Anda, justru membuatnya tak betah dekat dengan Anda, yang malah membuatnya cari teman lain untuk menghiburnya. Marah atas rasa cemburu malah membuat Anda menjadi lemah. Sadarlah Anda , bahwa marah bukan cara efektif untuk mempertahankan sesuatu atau pacar Anda. Justru kemarahan membuat Anda kehilangan segalanya.

Kemarahan membuat Anda kehilangan segala hal yang Anda miliki.

Tundalah kemarahan Anda hingga esok. Bila esok Anda masih ingin marah , sampaikanlah marah Anda pada orang yang tepat. Namun biasanya kita tidak jadi marah setelah kita tunda sampai esok. Namun bila hal itu sangat penting , maka rasa marah itu tetap ada sampai esok. Dan hal itu memang pantas untuk Anda sampaikan pada orang yang membuat Anda marah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar