.

Agar Anak Tidak Maniak TV

agar anak tidak maniak TV
Dalam era informasi saat ini rasanya tak ada satu keluarga pun yang tidak memerlukan pesawat TV. Dengan si kotak ajaib ini kita bisa menikmati siaran TV, tayangan VCD, play station, nintendo, dan sebagainya. Celakanya, semua itu merebut sebagian besar waktu dan perhatian anak kita. Melarang menonton berbagai bentuk hiburan tadi jelas tak mungkin. Yang diperlukan justru pengaturan yang tepat agar anak - anak kita tidak menjadi maniak nonton berbagai bentuk tayangan TV.

Berikut beberapa kiat yang bisa digunakan :
  • Untuk satu keluarga cukup sediakan satu pesawat TV. Hindari satu kamar satu pesawat TV, karena hal ini menyulitkan pemantuannya. Dengan cuma ada satu pesawat TV, kita bisa menjadikannya sebagai media berkumpul.
  • Matikan TV pada jam - jam tertentu. Misalnya, pkl. 19.00 - 21.00, yang merupakan jam - jam belajar. Ini merupakan kesepakatan dengan anak - anak. Sebaliknya, kita juga perlu membuat kesepakatan untuk menonton acara - acara TV atau tayangan VCD pada jam - jam tertentu sebagai media untuk berkumpul dan bisa menikmati bersama.
  • Buat acara tandingan. Bila anak sudah tergila - gila program acara TV tertentu, buat acara keluarga yang lebih menarik pada waktu yang sama. Misalnya, makan di luar rumah atau jalan - jalan.
  • Dampingi anak ketika menyewa atau membeli VCD atau piringan game. Ini dimaksudkan agar anak tidak memilih materi yang tidak cocok dengan usianya atau tidak mendidik. Ketika dia bermain pun sebaiknya kita dampingi dan ajak mereka berdiskusi, memberi apresiasi, dan kritik. Beri pula pengertian bahwa adegan yang ditontonnya cuma hasil rekayasa.
  • Dorong mereka ikut kegiatan lain di sore hari. Misalnya, kegiatan kesenian atau olahraga.
  • Ciptakan kondisi agar anak suka membaca. Caranya dengan menyediakan bacaan sesuai tingkat usia mereka di rumah.
  • Libatkan mereka dalam kegiatan rumah. Misalnya, berkebun, membersihkan rumah, atau merawat hewan piaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar