.

Kenali Pintu Darurat Hotel

Kenali Pintu Darurat Hotel
Boleh jadi suatu saat Anda menginap di hotel berbintang empat atau lima yang berkapasitas ratusan kamar dalam gedung berlantai lebih dari delapan tingkat. Hotel mewah serba lengkap itu bisa kita anggap sebagai tempa beristirahat yang nyaman. Namun, tak ada salahnya jika Anda waspada. Soalnya, tak tertutup kemungkinan adanya bahaya seperti kebakaran atau aksi teroris. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Begitu masuk kamar, baca brosur petunjuk praktis dalam menghadapi keadaan darurat. Cari tahu letak pintu darurat, alat pemadam kebakaran, dan alarm tanda bahaya.
  • Hitung dan hafal jarak kamar Anda dengan pintu darurat sehingga kalau ada malapetaka, Anda bisa mencapainya biarpun dalam keadaan gelap gulita.
  • Bila alarm berbunyi, jangan panik, sebab belum tentu bahaya yang dihadapi segawat yang dibayangkan.
  • Bila terjadi kebakaran, usahakan menutup semua pintu di sekitar Anda untuk mencegah asap dan api menjalar ke mana - mana. Bila api membesar, jangan pikirkan mengepak barang. Segera tinggalkan gedung,, selamatkan dahulu jiwa Anda.
  • Sebelum membuka pintu, rasakan apakah gagang pintu panas atau tidak. Bila panas, gunakan kain atau handuk untuk membukanya. Membukanya pun harus perlahan, agar bila ada api di luar tidak menyambar Anda.
  • Kalau terjadi kebakaran, jangan gunakan lift, karena sewaktu - waktu aliran listrik dimatikan dan lift macet.
  • Jika asap tebal memenuhi lorong yang harus dilalui, tariklah napas pendek - pendek, dan merangkaklah dekat tembok menuju pintu keluar. Posisi ini memungkinkan seseorang tidak terlalu banyak menghisap racun.
  • Bila tidak mungkin keluar dari tangga, kamar adalah tempat yang paling aman untuk bertahan. Di dalam keadaan ini , sumbat kain dan handuk basah dibawah pintu. Sumbat pula semua ventilasi dengan handuk , selimut atau seprei basah agar tidak mudah asap menerobos kamar. Isi bak mandi agar bisa digunakan cepat untuk membasahi kain - kain penyumbat. Mintalah bantuan lewat telepon dan jangan sekali - kali memutuskan lompat dari jendela. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar