.

Kiat Tidur Sehat Dan Nikmat

Kiat tidur sehat dan nikmat
Berikut ini saran dr. Janto Lingga, Sp.P. untuk mengatasi berbagai gangguan tidur:
  • Bangun tidur teratur tiap pagi, bahkan pada hari libur.
  • Ke tempat tidur jika hanya mengantuk.
  • Jika tak mengantuk dan tak tertidur dalam 20 menit, bangun dari tempat tidur dan lakukan kegiatan ringan seperti membaca koran, majalah, atau buku yang menarik. Kembali ke tempat tidur bila sudah mengantuk. Ulangi proses ini sesering mungkin tiap malam. 
  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur, berhubungan suami isteri, atau beristirahat ketika sakit.
  • Hindari tidur siang. Kalaupun ingin, lakukan pada waktu yang sama tiap hari sebelum pukul 15.00, selama tak lebih dari satu jam.
  • Bersantailah dengan menikmati mandi air hangat, menikmati makanan ringan, atau membaca sepuluh menit sebelum tidur.
  • Teratur berolahraga. Olahraga bersemangat hanya boleh dilakukan enam jam sebelum tidur, sedangkan olahraga ringan empat jam sebelum tidur.
  • Lakukan jadwal harian - makan, minum, kerja, hobi- yang teratur untuk " mendidik" jam biologis kita, termasuk tidur agar lancar pula.
  • Hindari makanan berat, alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar