.

Lima “S” untuk Bersih dan Rapi

Lima “S” untuk Bersih dan Rapi

Kondisi fisik di rumah dan tempat kerja dipercaya mempengaruhi semangat dan prestasi kerja seseorang. Termasuk di dalam kondisi fisik lingkungan adalah kebersihan, kenyamanan, kesehatan dan keamanan. Ada langkah – langkah sederhana untuk mewujudkannya, yakni 5 S yang diambil dari bahasa Jepang. Jabaran 5 S tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Seiri ( ringkas/ pemilahan): membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak. Pergunakanlah prinsip “menyingkirkan barang yang tidak diperlukan” 
  2. Seito (rapi dan penataan): melakukan penataan yang rapi sehingga kita selalu menemukan barang yang diperlukan. Prinsipnya, melakukan penataan yang rapi dan efesien sehingga akan mengurangi pemborosan waktu untuk mencari barang. 
  3. Seiko (resik): berarti menghilangkan sampah dan barang asing agar tempat kita bersih. Prinsipnya, selalu membersihkan tempat kita dari kotoran dan barang bekas. Yang perlu dilakukan, menyediakan alat pembersih dan rutin menggunakannya. 
  4. Seiketsu ( rawat ): memelihara barang dengan teratur, rapi, dan bersih. Hal ini berkaitan dengan polusi. Merawat dan menjaga barang sesuai dengan letaknya akan menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. 
  5. Shitsuke (rajin dan pembiasaan ) : berarti melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan. Seorang harus memiliki tanggung jawab penuh dan menanamkan kebiasaan bersih sebagai rutinitas sehari – hari.

Lakukan kebiasaan 5 S sebelum melakukan tugas di rumah atau di tempat kerja, misalnya selama 3 – 5 menit. Pasti, hari demi hari akan tampak hasilnya. 

2 komentar: