.

Sepuluh Tanda Cinta Dalam Perkawinan

Sepuluh Tanda Cinta Dalam Perkawinan


Sikap hormat
Cinta tidak bisa dipertahankan kalau suami isteri gagal menunjukkan hormat sejati dan menghargai pasangannya secara pribadi, bersama, atau di hadapan orang lain. Peraturan sopan santun adalah cara – cara dasariah dan penting dalam mengungkapkan cinta. Supaya cinta dapat hidup terus mereka harus menghindari kata – kata dan tindakkan yang mengandung atau mengungkapkan rasa tidak hormat.


Kata – kata
Cinta antara suami isteri perlu dipelihara agar terus tumbuh. Cinta ini bisa menjadi kerdil kalau jarang diungkapkan dengan kata – kata. Terdapat beribu – ribu cara yang dapat dipakai pasangan yang telah menikah untuk melanggengkan cinta mereka dalam bentuk kata – kata selain , “ AKU CINTA PADAMU.” Pernyataan kata – kata yang mengandung ucapan terima kasih,  penghargaan, kekaguman, simpati, hiburan, dorongan.


Hadiah
Sebuah definisi yang tepat dari cinta adalah “ ingin memberi .“  Orang beranggapan bahwa setelah menikah berarti semuanya menjadi milik bersama sehingga tidak dibutuhkan lagi untuk memberikan hadiah satu sama lain. Mereka lupa prinsip utama bahwa cinta harus dinyatakan dan salah satu pernyataan yang berdaya guna ialah memberi hadiah kepada orang yang dicintai. Hadiah itu tidak perlu mahal atau hebat.

Persahabatan
Ketika baru saja menikah, banyak pasangan tidak cukup mengenal satu sama lain. Secara naluriah cinta mendorong mereka saling memberikan tanda cinta sejati yang secara implisit muncul dalam keinginan untuk menjadi satu dengan si dia yang dicintai. Aneh setelah lama menikah mereka tidak lagi menunjukkan perhatian sedikit pun untuk selalu bersama. Bahkan, mereka berusaha untuk menghindari dari kebersamaan. Mereka makan di meja yang sama. Mereka tidur dalam kamar yang sama. Mereka mencari uang untuk keluarga dan tidak mau berbuat dosa untuk keutuhan keluarga. Tetapi sayangnya mereka tidak lagi menunjukkan tanda persahabatan. 

Penampilan
Terus menerus telah dikatakan bahwa cinta harus dinyatakan melalui tubuh dan tindakannya. Salah satu bentuk pernyataan cinta yang bisa menguatkan cinta ialah perhatian terhadap penampilan seseorang. Isteri harus berusaha untuk menjaga daya tariknya pada suami. Demikian pula suami harus menghindari sedapat mungkin penampilan yang menjijikkan isterinya.

Perhatian lebih
Tentang perkawinan, dalam kitab suci Allah berbicara melalui Adam, “ sebab itu seorang laki – laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya sehingga keduanya menjadi satu daging.” Maka, pentinglah dalam perkawinan sang suami menunjukkan bahwa ia lebih menyukai dan memberi perhatian yang lebih kepada isterinya ketimbang siapa pun di dunia ini. Demikian pula sang isteri.

Tanggung jawab
Begitu kawin, maka pasangan itu bertanggung jawab atas keluarga mereka. Pada umumnya suami bertanggung jawab mencari nafkah untuk keluarga. Isteri bertanggung jawab untuk memelihara keluarga. Keduanya saling mendorong dan menolong dalam tugas  yang berbeda.

Korban
Satu dari ukuran cinta sejati dan satu dari pernyataan yang terus menerus harus diberikan ialah pengorbanan. Pengorbanan bertentangan dengan ingat diri. Ingat diri berarti selalu ingin caranya sendiri. Sikap ditaktor tidak melestarikan cinta seseorang. Tanda korban diwujudkan dalam dua bentuk praktis. Pertama adalah bentuk kompromi. Bentuk pengorbanan yang lain ialah mengampuni. Di dunia ini terdapat sedikit sekali manusia yang sempurna. Bahkan, kadang – kadang orang pasti membuat kesalahan kepada orang lain. Perkawinan sangat menuntut pengampunan.

Agama
Hanya agama yang memberikan kepenuhan cinta manusiawi. Agama sanggup membuat manusia lebih tinggi dan lebih mulia daripada hewan. Hanya agama yang menjamin motivasi dalam tindakan praktis dari cinta suami isteri yang dijalani bertahun – tahun lamanya. Seorang suami – isteri yang tidak beragama bagaikan seekor binatang. Ketertarikan cinta dari seekor binatang tidak bertahan lama. Selesai kawin, cinta binatang pun cepat berlalu. 

Seks
Di antara banyak percintaan yang lain, dituntut penggunaan seks yang sangat penting untuk menghidupkan cinta perkawinan. Cinta perkawinan memberikan hadiah untuk menggunakan tubuh dalam mengembangkan keturunan. Tujuan dari seks adalah ungkapan cinta dan melahirkan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar