.

Tipe Cinta

Tipe Cinta
  • Eros. Cinta adalah hal yang sangat penting bagi tipe erotik ini. Mereka biasanya memiliki komponen fisik yang kuat. Cinta tipe ini agak cepat tumbuhnya, dengan lebih diarahkan oleh aktivitas seksual yang agak dini. Biasanya tidak terlalu cemburuan atau posesif. Walau disertai perasaan yang intesif, baisanya tipe ini kurang mau berkorban dan menderita dalam usahanya mempertahankan cinta.
  • Ludus. Pecinta tipe ludik memandang cinta sebagai suatu permainan. Hubungan yang mendalam cenderung dihindari, karena itu ia bisa punya beberapa pacar dalam waktu yang sama. Karena tidak mau dituntut, mereka hanya mempertahankan keterlibatan emosi sampai batas - batas tertentu.
  • Storge. Tipe ini lebih pelan - pelan dan berhati - hati dalam bercinta untuk meningkatkan suatu keterikatan. Bukan intensitas emosi atau kehidupan seksual yang terpenting bagi tipe ini. Mereka lebih mendekati cinta sebagai suatu hubungan berdasarkan aktivitas dan minat.
  • Mania. Tipe ini kebalikan dari storge. Mereka cenderung obsesif, cemburu, dan posesif, penuh dengan kecemasan bahwa hubungan akan terganggu.
  • Pragma. Pecinta jenis ini lebih memakai perhitungan. Dia tahu apa yang ia maui dan akan mencari pasangan yang tepat untuk menunjang keinginan dan tujuan - tujuannya. Kurang bisa diharapkan, perasaan menggebu - gebu dan mendalam, cenderung lebih memakai pola terencana.
  • Agape. Tipe agapik bercinta dengan tulus , altruistic. Lebih penuh kasih sayang dibanding tipe lain. Kecenderungnya bukan pada perasaan yang intesif, tapi transendental dan spritual. Kalaupun ada aktivitas seksual, ini lebih merupakan hasil komunikasi yang intim sekali daripada sekedar keinginan untuk senang - senang saja. 
Jarang ada orang yang secara murni bisa dikategorikan dalam satu tipe. Biasanya selalu ada campurannya. Namun, menurut Lee, ada kecenderung orang untuk lebih salah satu / dua tipe ideal itu. Tipe - tipe cinta ini diduga John Lee mendasari perbedaan manusia dalam mengekspresikan cintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar