.

Bugar Sesudah Bangun Tidur


Bugar Sesudah Bangun Tidur   Setelah bangun tidur badan akan terasa pegal, linu atau pusing ? Jika mengharapkan bangun tidur dalam keadaan segar, cobalah lakukan “ pemanasan” . atau tepatnya mengatur posisi lebih dulu sebelum tidur. Ada dua cara yang bisa dipilih, yakni :
  • Tidur dengan posisi miring ke kanan. Ganjal kepala dengan bantal yang tidak terlalu tebal dengan posisi kepala bagian bawah tidak lebih rendah dari bagian atas. Telingan kanan jangan sampai terlipat. Usahakan tangan kanan tidak tertindih badan. Letakkan tangan kiri pada pinggul, dan tekuk kaki ke arah perut sehingga membuat sudut antara betis dan paha. Pergelangan kaki kanan diletakkan di atas pergelangan kaki kiri. Ingat posisi paha kiri masih di atas paha kanan. Dengan tidur miring ke kanan ini, pencernaan dan peredaran darah akan lancar karena organ tubuh berada pada tempatnya. Hasilnya, tubuh dapat berisitirahat dengan baik.
  • Tidur dengan posisi terlentang. Ganjal batas kepala dan leher dengan bantal yang tidak terlalu tinggi. Kepala hendaknya menoleh ke kanan. Pertemuan jari – jari sedemikian rupa sehingga sela – sela jari tangan yang satu terisi oleh yang lain, kemudian letakkan antara dada dengan pusar. Tapi, jangan sampai napas menjadi sesak karenanya. Setelah itu perletakkan pergelangan bawah kaki kanan di atas pergelangan atas kaki kiri dengan posisi tumit kanan menggantung.

Apabila terasa jenuh setelah beberapa saat, ambil posisi yang Anda inginkan. Namun hindari posisi tidur tertelungkup. Posisi ini membuat dada sesak dan organ di dalamnya tertekan sehingga sirkulasi udara dalam tubuh terganggu karena posisi lambung menggantung dan hati tertekan. Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Sesudah bangun tidur memang badan terasa bugar apabila kita sering berolahraga

    BalasHapus