.

Empat Pintu Menuju Bicara


Empat Pintu Menuju Bicara
  1. Isinya benar. Sebelum berbicara hendaknya dikaji dan diteliti kebenarannya. Dalam mengkaji gunakan akal sehat dan hati nurani bersih. Jangan membicarakan hal – hal yang bersifat gunjingan atau fitnah. Jika tidak bisa berbicara hal yang benar, lebih baik diam. Bukankah diam itu emas ?
  2. Ada manfaatnya. Pembicaraan yang kita lakukan harus memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun lawan bicara. Hindari bicara yang tidak jelas tujuannya. Bicaralah dengan penuh hikmat, hemat kata, tapi sarat makna.
  3. Baik cara penyampaiannya. Pokok pembicaraan yang benar dan bermanfaat seyogianya disampaikan dengan cara baik. Cara penyampaian yang baik akan mempermudah lawan bicara memahami isi pembicaraan. Juga akan terhindar dari salah pengertian yang membuat lawan bicara merasa tersinggung.
  4. Tepat waktu. Pilihlah saat yang tepat bila ingin berbicara dengan seseorang. Dalam hal ini , kita perlu melihat suasana hati dan kondisi lawan bicara. Ketahuilah waktu yang tepat untuk bicara, kapan harus menunggu, atau diam. Hindari pembicaraan panjang lebar dengan orang yang sedang marah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar