.

Kiat Hidup Sehat Sampai Tua


Kiat Hidup Sehat Sampai Tua
Menurut penelitian seorang professor di Jakarta, orang Indonesia yang berusia di atas 40 tahun rata – rata mengidap dua macam penyakit. Mulai dari karang gigi, mata kabur sampai dengan rambut rontok. Belum lagi penyakit akibat pengaruh lingkungan, makanan dan bertambahnya usia. Lantas apa yang mesti dilakukan agar tubuh tetap sehat dan kuat sampai tua ? Ada tiga faktor pendukung penting. Punya cukup uang, tidak banyak berpikir, dan bisa menjaga kesehatan. Dengan cukup uang, seorang relatif tidak banyak berpikir tentang kebutuhan sehari – hari. Banyak berpikir bisa menimbulkan stress. Dalam kondisi demikian, tubuh akan melepaskan hormone adrenalin yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Tapi, yang paling penting menjaga kesehatan. Ada tujuh syarat yang harus dipenuhi , yakni :
  • Makan makanan bergizi. Makanan yang dikonsumsi mesti memenuhi “ 4 sehat 5 sempurna” ( karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air ). Makan secukupnya. Karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan kencing manis. Kebanyakan protein bisa timbul alergi, encok, atau tekanan darah tinggi. Lemak pun demikian, bila berlebihan menyebabkan tekanan darah tinggi, hati berlemak, kegemukkan, dan serangan jantung.
  • Minumlah sekitar 1,5 – 2 liter air sehari. Kekurangan air bisa menyebabkan terjadinya pengendapan di ginjal (batu ginjal), dan dehidrasi (kekeringan).
  • Buang air besar tiap hari. Ini untuk menghindari gangguan pencernaan, sariawan, sembelit, kembung, ambeien, demam, dll.
  • Buang air seni sesuai dengan pemasukkannya. Usahakan tidak sering menahan kencing agar tidak timbul gangguan saluran air kemih, batu ginjal dan sakit pinggang.
  • Olahraga secara teratur. Maksudnya, agar tubuh tidak mudah mengidap penyakit degenerative (kencing manis, tekanan darah tinggi,kegemukan, dsb ). Exercise (latihan ) intensif selama 20 menit lebih baik daripada sepakbola atau tennis selama 2 jam. Jenis latihannnya, push up dan sit up masing – masing minimal 20 x sehari. Dalam posisi telentang, kedua kaki diangkat lurus ke atas dan diturunkan lagi , 20 x sehari. Tangan menggapai jari kaki (posisi kaki lurus ) 20 x . waktu yang tersisi untuk lari di tempat dengan mengangkat lutut tinggi – tinggi.
  • Istirahat cukup . Dalam sehari, orang dewasa butuh kurang lebih 6 jam untuk tidur. Dalam keadaan demikian sel – sel aus dan rusak akan diganti dengan sel – sel baru.
  • Menjaga kebersihan.  Jasmani, rohani, dan lingkungan yang kurang bersih bisa mendatangkan penyakit, seperti penyakit kulit, infeksi, penyakit kelamin, alergi, sesak napas, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar