.

Latihan Nafas Atasi Sulit Tidur

Latihan Nafas Atasi Sulit Tidur
Banyak cara mengatasi gangguan sulit tidur. Salah satu cara non obat adalah melakukan pernafasan yang dilakukan selama  5 - 10 menit, baik di siang hari maupun sebelum tidur. Namun yang pasti, usirlah semua bentuk penyebab gangguan tidur, seperti kecemasan, kekhawatiran, stres, rasa marah, rasa bersalah, dsb. Ahli terapi alamiah insomnia, Dr. Rosemary Nicol, memberikan beberapa tips berikut ini :
  • Duduk atau berbaring dengan tenang. Letakkan tangan di pangkuan. Bernapaslah dalam - dalam dan perlahan. Saat menarik nafas, pikirkan rasa tenang yang masuk. Sebaliknya, saat membuang nafas, bayangkan stres dan ketegangan yang keluar. Dalam melakukan latihan ini Anda harus berkonsentrasi. Jika pikiran melayang - layang, segera kembalikan pikiran itu pada pernafasan.
  • Tidur terlentang, letakkan tangan pada solar pexus, persis di bawah dasar tulung rusuk dengan ujung - ujung jari bersentuhan. Buang nafas dalam - dalam lalu tahan, kemudian tarik nafas pelan - pelan melalui hidung. Rasakan ujung - ujung jari terpisah, kemudian tahan. Setelah itu buang nafas pelan - pelan, rasakan ujung jari merapat, lanjutkan pernafasan secara perlahan dan berkonsentrasilah pada nafas Anda.
  • Keluarkan nafas pelan - pelan, tarik nafas perlahan dan dalam ( hitung sampai angka dua ) , tahan nafas dan hitung sampai empat, buang nafas dan hitung sampai empat. Jadi, Anda menarik nafas dua, tahan nafas empat, buang nafas empat. Lakukan ini selama dua atau tiga menit. Tapi berhentilah jika merasa pusing. Kalau memiliki penyakit tekanan darah tinggi, tahan nafas dan hitung sampai dua saja , bukan empat.
Cara terakhir nampaknya lebih mudah diikuti. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar