.

Melegakan Rumah

Melegakan Rumah
Apakah Anda merasakan rumah semakin sesak ? Bila ya, mungkin sudah waktunya mulai berpikir untuk membeli rumah baru yang lebih besar. Tapi langkah itu belum tentu ekonomis dan memecahkan masalah. Bahkan, mungkin saja sesaknya rumah lantaran banyak barang yang tidak perlu, namun sayang untuk dibuang. Biasanya ada empat rintangan yang umumnya menghalangi niat menyingkirkan barang - barang tadi, yakni :
  • Pemikiran siapa tahu barang - barang itu akan dibutuhkan di kemudian hari.
  • Perasaan sentimental. Misalnya, benda pemberian suami / isteri.
  • Pertimbangan potensi harga di masa mendatang.
  • Kenyataan barang itu masih dapat dipakai atau belum begitu rusak.
Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Berikut langkah - langkah yang bisa ditempuh :
  • Singkirkan benda - benda yang tidak dibutuhkan atau terlalu menyita ruangan. Bila di dalam " harta karun " ada majalah atau koran, potonglah berita atau tulisan penting untuk dikliping dan buang sisanya. Berikan perabot rumah tangga yang sedikit manfaatnya tapi menempati ruang cukup luas kepada orang lain yang memerlukan.
  • Jangan biarkan bagian - bagian rumah yang potensial sebagai tempat penyimpanan barang atau menganggur. Misalnya, dinding, gang, kolong tempat tidur, atau langit - langit. Syukur kalau ada ruangan yang kurang berfungsi, sempit sekalipun, dapat dijadikan gudang. Atau, buanglah rak bersusun dari lantai hingga langit - langit untuk menyimpan buku, mainan, album foto, dll.
  • Atur kembali ruangan di rumah agar memberi kesan luas. Gunakan cermin - cermin di dinding atau cat ruangan dengan warna - warna terang agar memberi kesan lapang.
 Jadikan langkah ketiga di atas sebagai " proyek keluarga" dengan melibatkan seluruh anggota keluarga. Hasilnya, rumah Anda akan menjadi rapi, teratur, nyaman dan lapang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar