.

Melepas Rasa Cemas

Melepas Rasa Cemas
Pada dasarnya manusia dapat mengatasi kesulitan. Namun, terkadang ada beban tambahan berupa penyesalan masa lalu dan kecemasan masa depan. Rasa cemas menunjukkan keadaan tidak tentramnya hati karena kekhawatiran terhadap sesuatu yang belum diketahui dengan pasti. Rasa cemas dapat memperburuk kesehatan dan mengganggu ketenangan hidup. Namun, bila mampu melepaskan diri dari segala rasa kecemasan, maka hidup ini terasa indah dan ceria. Untuk melepaskan diri dari rasa cemas, Anda dapat melakukan hal - hal berikut ini :
  • Menerima apa yang telah terjadi. Apapun peristiwa yang telah menimpa, kita harus menyadari dan menerimanya dengan lapang dada. Tetapi, jangan merasa dihantui bayang - bayang masa silam. 
  • Tentukan keadaan terjelek apa yang dapat terjadi jika segala sesuatu yang anda cemaskan terwujud.
  • Manfaatkan waktu dan tenaga Anda. Bersikaplah tenang untuk memperbaiki keadaan terburuk dan siap menerima secara mental.
  • Tentukan keputusan dan segera bertindak. Ketika Anda telah mengambil keputusan, tinggalkan semua keraguan akan hasilnya. Jangan bimbang.
  • Kerja keras. Pada saat sibuk, kita tidak akan ada kesempatan untuk memikirkan hal -hal yang mencemaskan. Kita cemas karena pikiran dalam keadaan kosong. Untuk itu, obat sedih dan cemas adalah kerja keras.
  • Hadapi perubahan dengan sikap wajar. Apabila terjadi perubahan, usahakan tidak kehilangan akal atau mati langkah. Anggaplah perubahan itu sebagai jalan untuk mengembangkan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar