.

Mengendurkan Saraf


Mengendurkan Saraf
Otak manusia sebagai pusat pengendalian segala macam aktivitas sehari – hari butuh waktu “ tidur “, istirahat, atau santai agar bisa bekerja lebih baik lagi keesokkan harinya. Di bawah ini terdapat  beberapa kiat mengendurkan saraf otak, antara lain :
  • Tarik napas dalam – dalam, segera simpan di dalam perut.  Otak bagian leher dan kepala ditegangkan, kemudian secara cepat dilemaskan kembali. Pada saat melemaskan otot, pikiran harus tenang. Usahakan pikiran dikosongkan ketika melakukannya. Cara ini dapat dikerjakan dalam posisi duduk atau berdiri.
  • Meditasi yang dilakukan untuk melepaskan pikiran yang kalut atau kusut. Caranya : bisa duduk di kursi, berbaring di lantai, atau sambil berdiri saja. Tarik napas melalui hidung. Bersamaan dengan dikeluarkannya napas, kendurkan otot – otot, kosongkan pikiran yang kalut, buang jauh – jauh semua problem hidup. Bayangkan seolah – olah Anda mengambil tenaga baru waktu menghirup napas, dan ketika membuang napas melalui hidung seperti membuang segala problem yang berat. Lakukan hal itu berulang kali selama 20 menit atau sampai terasa pengaruhnya.
  • Latihan atau olahraga dapat menghilangkan stress berat.  Jalan kaki, meski sebentar, bila dilakukan di pagi hari secara rutin, dapat menurunkan kadar gula. Hal itu berarti peredaran darah di jaringan otot, termasuk otak, berjalan baik. Jangan biasakan tubuh dimanja fasilitas modern yang membuat kita malas bergerak atau berolahraga.

1 komentar:

  1. Mengendurkan syaraf salah satu trik saya gunakan aapbila lelah dalam perjalanan panjang

    BalasHapus