.

Menggali Rasa Percaya Diri

Menggali Rasa Percaya Diri
Salah satu rahasia sukses adalah percaya pada diri sendiri. Kesuksessan hanya bisa dicapai oleh Anda sendiri, bukan oleh orang lain. Orang lain hanya membantu. Untuk itu, rasa percaya diri harus dibina dan dikembangkan agar dapat dipergunakan sesuai dengan tujuan yang akan kita capai. Ada banyak cara untuk membina atau mengembangkan rasa percaya diri. Tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda:
  • Biasakan posisi tubuh dalam keadaan tegap. Misalnya, pada saat duduk atau berjalan. Posisi ini akan menghindarkan diri dari rasa sakit secara fisik. Selain itu, dalam kondisi tegap, rasa percaya diri akan bertambah.
  • Kemukakan ide dan pendapat. Melalui pembicaraan di depan umum kita dapat mengemukakan ide dan pendapat. Ide dan pendapat itu dapat dijadikan tolok ukur kemampuan kita dalam suatu bidang. 
  • Berbuatlah sesuatu yang dapat menambah rasa percaya diri. Perlihatkanlah suatu kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Misalnya, main sulap di depan orang banyak. 
  • Tampil ke muka. Apabila menghadiri suatu pertemuan ( rapat atau undangan suatu acara ), usahakan duduk di deretan kursi paling depan. Seandainya bersikap tenang atau stabil akan menambah keyakinan dan percaya diri. 
  • Menambah kecakapan atau keahlian. Keahlian bisa kita peroleh melalui belajar dan latihan dengan tekun dan rajin.
  • Coba dan cobalah. Beranikan diri untuk mencoba sesuatu yang baru. Jangan menganggap suatu pekerjaan sulit sebelum mencobanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar