.

Menghemat BBM

Menghemat BBM
Cara dan sikap yang baik serta pengetahuan yang cukup dalam mengendarai dan memperlakukan kendaraan dapat membantu mengurangi biaya perawatan, polusi udara, dan menghemat bahan bakar minyak (BBM). Beberapa mitos berikut ini perlu ditinjau lagi, sementara cara mengendarai dan merawat kendaraan dengan benar bisa diikuti.

  • Memanaskan mesin di pagi hari. Teori ini tidak tepat benar. Memanaskan mesin kendaraan di pagi hari itu buang waktu dan BBM percuma. Juga menimbulkan polusi. Tetangga dan keluarga Anda terpaksa menghirup udara pagi tercampur asap knalpot. Sebaiknya langsung saja jalankan kendaraan perlahan - lahan selama beberapa menit sampai temperature mesin cukup dan kendaraan dapat dijalankan dengan normal.
  • Menghidupkan mesin dalam keadaan berhenti. Sebaiknyat tidak menghidupkan mesin dalam keadaan berhenti lebih dari 3 menit. Apalagi dengan AC menyala. Jika terpaksa berhenti lama dari itu, mesin hendaknya dimatikan. Cara ini menghemat BBM dan mengurangi pencemaran udara.
  • Memeriksa tekanan ban secara berkala. Tekanan ban yang tidak cukup membuat ban cepat aus akibat tingginya gesekkan dengan permukaan jalan. Juga lebih boros BBM, karena hambatan geraknya lebih tinggi.
  • Merawat kendaraan secara teratur. Selain menghemat BBM, memeriksa saluran bahan bakar, saluran udara, dan setelan mesin secara teratur dapat memperpanjang umur kendaraan. Gantilah pelumas mesin secara berkala. Pelumas yang baik akan menciptkan lapisan di antara roda - roda gigi dalam mesin yang akan mengurangi gesekan antar logam sehingga mencegah keausan.
  • Menghentikan kendaraan secara tiba - tiba.  Jika tidak terpaksa sebaiknya jangan mengerem secara mendadak. Hal ini akan mempercepat ausnya bantalan rem dan membuang energi yang tidak perlu.
  • Melajukan kendaraan secara bertahap. Buatlah percepatan secara bertahap, dimulai dengan memindahkan gigi yang lebih rendah ke yang lebih tinggi. Selain menghemat BBM, juga membuat mesin lebih awet.
  • Membuat perencanaan harian.  Jika mungkin, rencanankanlah perjalanan Anda untuk hindari jalan - jalan macet. Selain bisa menimbulkan stres pada pengendara, kemacetan dapat memboroskan BBM di samping memperpendek usia kendaraan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar