.

Menjadi Wirausahawan Yang Berhasil

Menjadi Wirausahawan Yang Berhasil
Ada banyak sekali orang yang berhasil dalam berwirausaha. Sebaliknya, tak sedikit yang gagal. Keberhasilah suatu wirausaha ditentukan oleh banyak aspek, termasuk di dalamnya sikap - sikap yang mendukung kegiatan usahanya. Sikap pendukung tersebut di antaranya :
  • Tidak memandang ke masa lalu. Keberhasilan atau kegagalan di masa lalu hendaknya dijadikan pengetahuan dan pengalaman yang mendorong semangat. Dengan bekal itu, Anda bisa berusaha meraih sukses pada berwirausaha.
  • Tidak terpaku pada satu aspek. Anda memang bebas menentuk jenis usaha. Namun, begitu pilihan dijatuhkan, jangan terpaku pada satu aspek saja. Misalnya, setelah menetapkan berwirausaha di bidang bercocok tanam, jangan lupa memikirkan aspek pemasarannya. 
  • Bersedia bekerja sama. Ingat, dalam berwirausaha Anda tidak bisa bekerja sendiri. Karena itu, Anda perlu bekerja sama dengan orang lain dengan prinsip saling menguntungkan. Dengan melibatkan orang lain, Anda akan lebih serius menjalankan usaha.
  • Menghargai uang. Anda berwirausaha untuk mendapatkan uang. Setelah berhasil, Anda juga harus memanfaatkannya secara bijak. Misalnya, dengan menyisihkan sebagian hasil usaha untuk tabungan dan pengembangan usaha. 
  • Terbuka terhadap informasi. Informasi berguna tidak hanya mengembangkan diri tapi juga untuk usaha. Berkat informasi, wawasan berusaha Anda semakin bertambah dan ini akan mendukung pengembangan usaha Anda. Sumber informasi beragam jenisnya, misalnya media massa, pendidikan dan pelatihan, seminar, dan kursus. 
Yang tak boleh dilupakan, Anda perlu mengembangkan sikap ulet. Selamat berwirausaha dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar