.

Obat Sakit Hati

Obat Sakit Hati
Tidak seorang pun yang kebal terhadap penyakit yang satu ini. Sakit hati ( bukan sakit lever ) bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, dan justru orang - orang dekatlah yang sering kali menjadi penyebabnya. Agar sakit hati tidak berkembang menjadi benci dan dendam yang akut, di bawah ini cara menanggulanginya:
  • Ungkapkan perasaan sakit hati secara objektif langsung kepada orang yang menjadi penyebabnya. Melalui surat merupakan alternatif kalau kita tidak bisa mengukapkannya secara langsung.
  • Refleksi perlu dilakukan untuk mengetahui penyebabnya. Apakah kata - kata yang diucapkan orang itu benar adanya atau hanya sekedar ungkapan emosional.
  • Berpikir positif untuk mencari hikmah dari peristiwa itu. " Dia pasti sengaja melakukan itu " atau " Barangkali pikirannya sedang kalut waktu mengucapkannya" adalah contoh pikiran positif yang bisa meredakan emosi kita, bahkan kita justru bisa jatuh kasihan pada orang yang menyakiti kita.
  • Sadari bahwa benci dan dendam justru merugikan diri sendiri. Hal ini bisa diatasi dengan berusaha memaafkan orang yang menyakiti hati kita. Memaafkan bukan hanya bermanfaat buat orang lain, tetapi juga mendamaikan diri kita sendiri.
  • Berdoa berarti mengakui keterbatasan diri di hadapan Tuhan. Sakit hati yang tertanggungkan kita serahkan kepada Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar