.

Pemimpin Berkualitas



Pemimpin Berkualitas
  • Terbuka terhadap kritik. Ia memandang kritik sebagai “roh” yang akan mengembangkan dirinya. Ia membuka dirinya lebar – lebar bagi siapa saja untuk membangun dirinya. Ia telah menganggap lawannya sebagai mitra yang akan menyempurnakan dirinya sebagai seorang pemimpin. 
  • Dapat menjadi panutan. Bukan cuma berdasarkan hubungan emosional, pertemanan, kekeluargaan, dan kekerabatan. Tetapi jauh dari itu semua, yakni ditentukan oleh sejauh mana ia dapat memberikan contoh dalam sikap, tutur kata, dan perilaku sehari – hari. 
  • Memberikan kebebasan. Ia mengakui, menghormati, dan membiarkan semua perbedaan yang ada tetap berjalan pada garisnya masing – masing. Ia akan memperlakukan orang yang dipimpinnya sebagai pribadi yang dewasa. 
  • Melibatkan orang lain. Ia tidak akan pernah bekerja sendirian dalam mencapai tujuannya. Ia selalu melibatkan orang lain dalam mewujudkan keinginan, kehendak, dan tujuan. 
  • Menjadi problem solver.  Ia mampu menjadi pemecah masalah  bagi dirinya dan orang lain. Berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab. 
  • Mampu menjadi motivator. Ia mampu menjadi penguat bagi bawahannya dan pelita bagi bawahannya yang sedang mengalami kegelapan. Ia akan selalu ditunggu kehadirannya karena membuat berdaya dan bersemangat dalam mewujudkan tujuan yang hendak dicapai

1 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. Jadi hidup sebuah organisasi tergantung dari kualitas pemimpinnya.
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai kualitas kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
    Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan di Martha Tilaar

    BalasHapus