.

Pertolongan Pertama Keracunan Bahan Kimia


Pertolongan Pertama Keracunan Bahan Kimia


Bahan kimia bisa masuk meracuni tubuh lewat  berbagai cara. Tertelan, terhirup, terserap kulit, atau terpapar ke mata. Jika sampai terjadi demikian, sebelum meminta bantuan petugas kesehatan, ada beberapa saran menanggulanginya.
  1. Bahan yang tertelan.  Berikan 2 -4 gelas air atau susu. Tapi kalau  korban tak sadar, jangan berikan apa – apa ke mulutnya. Rangsanglah korban agar muntah dengan cara menekan pangkal lidahnya atau memberikan larutan pekat garam dapur ( 1 sendok makan untuk 1 gelas air). Ulangi tindakkan di atas sampai cairan muntah jernih. Ambil muntahan untuk diperiksa ke laboratorium. 
  2. Bahan kimia berupa gas. Kenakan masker saat menyingkirkan korban dari tempat yang tercemar gas ke tempat yang berudara segar. Berikan napas buatan secepatnya apabila petugas kesehatan belum datang. 
  3. Bahan kimia yang mencemari kulit. Periksa dulu jenis bahan beracunnya dan usahakan agar tidak tersentuh. Siram bagian tubuh korban yang terkena racun dengan air paling sedikit selama 15 menit. Lepaskan semua pakaian, sepatu, perhiasan, dan benda – benda lain yang terkena racun. Jangan oleskan minyak atau mentega pada kulit yang terkena racun, kecuali atas petunjuk petugas kesehatan. 
  4. Bahan kimia yang mengenai mata.  Cuci  mata dengan air bersih dalam jumlah banyak, paling sedikit selama 15 menit. Buka kelopak mata atas dan bawah, tarik bulu matanya supaya tidak menyentuh bola mata. Posisi tersebut memungkinkan masuknya air bersih yang hangat – hangat kuku dan dapat mencuci seluruh permukaan bola mata dan kelopaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar