.

Tujuh Kebiasaan Orang Orang Yang Sangat Efektif


Jadilah proaktifTujuh Kebiasaan Orang Orang Yang Sangat Efektif
Proaktif berarti tanggung jawab atas hidupnya sendiri dan atas semua yang menimpa dirinya. Secara harafiah tanggung jawab ini berarti kemampuan member tanggapan sesuai dengan pilihan kita. Orang yang sungguh proaktif mengerti dan setia pada tanggung jawab ini. Mereka tidak pernah menyalahkan situasi, lingkungan, kondisi, atau orang lain. Mereka memilihnya sendiri berdasarkan nilai – nilai dan bukan perasaaan.

Mulai dengan gambaran mengenai tujuan

Pada matra yang paling dasar, makna kebiasaan ini adalah memulai setiap hari, setiap aksi atu proyek dengan gambaran tujuan hidup yang jelas dalam benak Anda. Apa yang ingin Anda upayakan dan capai ? Hidup bagaimana yang ingin Anda jalani ? Bagaimana hal itu hendak Anda wujudkan ? Semua itu berfungsi sebagai paradigm “ multiguna” untuk mengarahkan segala aksi dan tanggapan kita terhadap segala sesuatu yang melanda kita. Dalam arti tertentu, upaya mengingat kematian akan menghindarkan Anda dari kemungkinan melanggar prinsip – prinsip yang Anda yakini amat penting.

Utamakan prioritas
Kebiasaan pertama memberi Anda hak dan kemampuan mengambil tanggung jawab dan menentukan hidup Anda sendiri. Kebiasaan kedua memusatkan perhatiannya pada tujuan yang Anda dambakan dan bayangkan dengan sadar dan kreatif, yaitu ciptaan pertama. . Kebiasaan ketiga akan membawa Anda ke ciptaan kedua yang melengkapinya. Ini adalah hasil yang konkret dan dapat diraba, dan merupakan pemenuhan dua kebiasaan pertama ( yang berpusat pada prinsip – prinsip ).

Berpikir menang – menang
“ Menang – menang “ merupakan falsafah sempurna bagi hubungan antar manusia. Yaitu, arti pencarian terus menerus akan manfaat timbal balik dalam setiap interaksi. Dengan menganut paradigm ini, orang tak akan pernah bahagia , kecuali jika kedua sama – sama bahagia. Hidup ini dipandang sebagai kerja sama, dan bukan persaingan.

Berusaha memahami dulu …… dan akhirnya dipahami
Untuk mengatasi hal itu, pertama – tama kita perlu berusaha dan latihan mendengarkan dengan empati agar bisa memahami. Biasanya jika orang mendengarkan, pikirannya siap – siap memberi tanggapan. Akibatnya, diagnosis yang akurat tidak mungkin diperoleh.

Bersinergi
Hakikat sinergi terkandung dalam ungkapan : “Keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian – bagiannya. “ Ungkapan ini tidak benar kalau bagiang – bagiannya saling menarik ke arah berlawanan. Namun, jika semua bagiannya dikerahkan ke tujuan bersama, dampak sinergi itu sangat menakjubkan. Sinergi merupakan intisari kepemimpinan yang berpusat pada prinsip – prinsip, yaitu upaya memanfaatkan dan memadukan kekuatan terbesar yang dimiliki orang – orang. Lima kebiasaan yang pertama merupakan persiapan kerja sama kreatif dan menakjubkan melalui sinergi.

Terus mengasah diri
Kebasaan ketujuh ini “ melingkupi” enam kebiasaan lainnya, dan membuatnya menjadi mungkin. Kebiasaan ini berasal dari cerita mengenai seorang tukang kayu yang ditemukan sedang bekerja menebang pohon dengan gergaji tumpul. Ketika dinasihati untuk berhenti sejenak dan mengasah gergajinya, ia menjawab bahwa terlalu sibuk untuk membuang sedikit waktu untuk itu. Kebiasaan ketujuh adalah menyisihkan sepenggal waktu yang penting itu untuk memastikan bahwa kerja keras Anda memiliki dampak maksimal. Maksudnya, agar Anda tidak hanyut dalam kesibukan sehingga Anda tidak sadar bahwa gergaji Anda sudah tumpul.

1 komentar: