.

3 Alasan Kamu Tidak Harus Mendelegasikan


3 Alasan Kamu Tidak Harus Mendelegasikan
Ketika kita mendengar kata “delegasi” di dalam konteks praktik manajemen terbaik, seringkali ada asumsi bahwa pimpinan perlu lebih banyak mendelegasikan, dan mereka yang bukan pimpinan menginginkan lebih banyak hal yang dipercayakan kepada mereka. Tetapi, bukankah ada saat ketika naluri Anda berkata untuk tidak mendelegasikan? Berdasarkan pengalaman, berikut ada tiga situasi khusus di mana Anda tidak dianjurkan untuk mendelegasikan :
  1. Apakah Anda sulit dengan menjelaskan apa yang Anda inginkan pada staf Anda ? Apakah itu proyek yang memerlukan strategi yang sedang muncul atau strategi yang terencana, jika Anda tidak bisa mengartikulasikan masalah yang perlu diselesaikan, atau apa yang persis perlu dilakukan, biasanya yang terbaik adalah menunggu penyerahan suatu tugas sampai Anda bisa melakukannya. Tanda yang menunjukkan bahwa Anda terlalu dini mendelegasikan adalah ketika mereka yang berada di bawah pengawasan Anda membuat pernyataan seperti :’ Saya tidak terlalu memahami apa yang Anda inginkan “Ada dua penjelasan untuk respon seperti itu  Anda tidak mempekerjakan orang yang tepat dan anggota tim Anda benar –benar tidak mampu menjalankan tugas yang ada,atau Ada terlalu dini mendelegasikan.
  2. Apakah dengan mendelegasikan, Anda membahayakan pengembangan Anda sendiri atau kemampuan Anda sendiri untuk memimpin ? Tidak bisa dibantah bahwa pimpinan perlu mengembangkan orang lain. Tetapi mereka tumbuh ke posisi yang lebih senior dan memiliki lebih banyak akses ke sumber daya, meraka bisa terlalu banyak mendelegasikan atau menyerahkan tugas penting bagi kemajuan mereka sendiri.
  3. Apakah dengan mendelegasikan, Anda berpotensi menggerogoti kesuksesan proyek Anda? Ada saat – saat ketika kita tidak mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk suatu proyek tertentu, dan akan salah untuk tidak menyerahkan tugas ke orang lain. Tetapi ada saat – saat juga ketika kita adalah orang terbaik untuk tugas itu. Tetapi karena kita memiliki kemahiran untuk memahami jangkuan proyek secara akurat, kita menjadi takut akan besarnya tugas itu dan menyerahkan kepada orang lain.

Meski kita tahu bahwa delegasi adalah alat manajemen yang esensial, ada saat – saat di mana Anda merasa “ Rasanya tidak benar untuk menyerahkan tugas ini.” dan ada alasan baik untuk perasaan itu. Mungkin tim Anda menginginkan Anda mendelegasikan lebih banyak , tetapi yang sungguh – sungguh mereka inginkan adalah Anda mengetahui kapan saat yang tepat untuk mendelegasikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar