.

Ingin Berhenti Merokok? SMS Saja!

Ingin Berhenti Merokok? SMS Saja!
SMS tak hanya bermanfaat sebagai sarana komunikasai. Namun, ia juga berdampak terhadap kesehatan. Sebuah riset yang dimuat jurnal The Lancet menunjukkan, orang yang berusaha berhenti merokok, lebih mungkin berhasil jika mereka memanfaatkan SMS untuk membantu. Ilmuwan di Inggris merekrut 5800 perokok dan secara acak membagi mereka dalam 2 kelompok. Kelompok pertama memperoleh sms yang dirancang khusus, sedang kelompok kedua sebagai kelompok pembanding.

Kelompok pertama mendapa 5 SMS per hari dalam lima minggu pertama, kemudian 3 SMS seminggu dalam 6 bulan berikutnya. Pesan SMS yang dibuat oleh para perokok sendiri memberi nasehat tentang pentingnya berhenti merokok serta mendorong para peserta untuk gigih dengan usaha tersebut. "Ini dia ! - HARI BERHENTI, buang semua rokok Anda" adalah salah satu contoh SMS tersebut. Para peserta di kelompok pertama juga memiliki sistem pribadi di mana, jika membutuhkan, mereka akan medapat bantuan dengan mengetik kata " kecanduan" atau " khilaf".

Bila mengetik "kecanduan" mereka akan mendapat balasan : " Untuk membantu mengalihkan perhatian Anda, cobalah menikmati minuman perlahan - lahan sampai keinginan merokok berakhir." Menanggapi teks "khilaf", mereka akan mendapat jawaban: " Jangan merasa bersalah jika Anda khilaf. Anda telah mencapai banyak kemajuan dengan berhenti untuk sementara. Kekhilafan adalah bagian normal dari proses berhenti. Teruslah mencoba,Anda bisa melakukannya!"

Sebaliknya, perokok pada kelompok kontrol menerima SMS hambar setiap dua minggu dengan ucapan terima kasih kepada mereka karena telah mengambil bagian dalam penelitian tersebut. Selama penelitian, relawan di kedua kelompok mengirim sample air liur melalui kurir. Sampel kemudian diuji kadar cotinin-nya, untuk melihat apakah mereka tetap merokok atau sudah berhenti. Setelah 6 bulan, 10,7 % relawan di kelompok pertama berhasil berhenti merokok, tapi ini hanya 4,9% di kelompok pembanding. Para peneliti mengatakan, percobaan "txt2stop" cukup efektif dan murah untuk memerangi kecanduan merokok serta dapat disesuaikan di seluruh dunia.

1 komentar:

  1. sebuah ide yang sangat brilyan untuk menghentikan kecanduan merokok :)

    BalasHapus