.

Inilah Cara Si Kecil Tumbuh Sehat


Inilah Cara Si Kecil Tumbuh Sehat
  1. Penuhi gizinya secara paripurna. Kekurangan zat gizi pada anak saat dalam kandungan dapat menimbulkan hambatan pada perkembangan organ vital tubuh. Juga, menimbulkan gangguan myelinasi (penyelubungan syaraf otak). Gangguan ini bukan tak mungkin akan menyebabkan gangguan pendengaran, gangguan bicara atau perubahan perilaku. Sementara kekurangan zat gizi di masa anak dapat menimbulkan penurunan daya tahan tubuh sehingga anak mudah terserang penyakit. Selain itu, terjadi penurunan aktivitas dan kemampuan eksplorasi.
  2. Pastikan anak mendapat 4 zat gizi utama. Makanan pokok ( nasi dan sejenisnya), lauk hewani dan nabati, sayur dan buah, susu dan diselingi snack di antara jam makan. Sajikan pula makan dengan cara yang menarik.
  3. Monitor kesehatan anak secara berkala. Meliputi asupan makanan, berat badan, tinggi badan,dan lingkar kepala setiap bulannya. Termasuk bagaimana prestasi belajarnya.
  4. Hindarkan dari berbagai penyakit. Imunisasi adalah cara paling mudah untuk mencegah datangnya penyakit. Anda juga perlu mengedukasi anak tentang hal - hal sederhana yang biasa membuat mereka sakit.
  5. Menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan anak.
  6. Memiliki waktu beraktivitas dan istirahat yang cukup.
  7. Berikan anak perhatian dan kasih sayang yagn memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar