.

Jika Ingin Si Kecil Cerdas

Jika Ingin Si Kecil Cerdas
Penuhi Nutrisinya:

  1. Penuhi nutrisi untuk perkembangan otak bayi seperti glukosa, asam amino. lemak, vitamin, mineral (terutama zat besi) dan lainnya dapat diperoleh dari makanan. Asupan ini harus diberikan sejak dalam kandungan.
  2. Kekurangan zat gizi pada saat anak dalam kandungan dapat menimbulkan hambatan pada perkembangan otak, gangguan myelinasi yang menyebabkan gangguan pendengaran, keterlambatan bicara, dan perubahan perilaku.
  3. Kekurangan zat gizi di masa anak dapat menimbulkan penurunan aktivitas, dan kemampuan eksplorasi. Bahkan bila sudah diperbaiki, tingkat perkmbangan mental akan tetap lambat. Biasanya kemampuan konsentrasi anak berkurang dan anak menjadi kurang cerdas dan gembira.
Beri stimulasi Menyeluruh:

  1. Rangsang kemampuan berbahasa verbal anak. Ajaklah si kecil bercakap - cakap, bacakan cerita, menyanyikan lagu dan lainnya.
  2. Rangsang kemampuan logika matematikanya dengan menempatkan kegiatan menyusun, mengelompokkan, merangkai, bermain puzzle dan sebagainya/
  3. Kembangkan kemampuan visual spasialnya dnegn mengamati gambar, foto dan merangkai dan membongkar logo. 
  4. Ajak si kecil melatih anggota tubuhnya seperti berdiri satu kaki, jongkok, ,membungkuk, atau melompat. 
  5. Kenalkan si kecil pada musik sejak dini.
  6. Ajak si kecil bermain bersama teman sebayanya, yang lebih tua darinya, atau yang lebih muda darinya. Ini penting untuk menumbuhkan sikap berbagi, dan mengenal keragaman. 
  7. Berikan kesempatan pada anak untuk dapat mengekspresikan dirinya dengan cara menceritakan perasaannya, khayalannya, atau mengarang cerita.
  8. Kenalkan dan dekatkan si kecil pada alam misal dengan mengajaknya berkebun dan bermain tanah. 
Terapkan pola asuh otoritatif:
Pola asuh otoritatif adalah sikap orang tua yang mau mendengarkan anak, menghargai pendapat anak, serta mendorong anak berani mengungkapkan pendapatnya. Pola ini penting untuk mengembangkan kecerdasan dan kreativitas anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar