.

Pahami Ritme Kerja Anda

Salah satu cara untuk mencapai sukses adalah memahami ritme kerja kita sendiri. Setiap orang memiliki ritme kerja yang berbeda. Ritme kerja yang baik membuat kita terus bertahan dan fokus pada apa yang kita kerjakan. Dengan tetap fokus dan bertahan dalam merintis tujuan, maka usaha untuk mencapai sukses makin dekat. Setiap orang mungkin ada yang mampu mengerjakan banyak hal secara sekaligus. Dengan mengerjakan banyak hal sekaligus , dia menjadi bergairah atau tertantang. Namun ada yang malah stres, ketika mengerjakan banyak hal secara bersamaan. Ada orang yang suka mencicil pekerjaan menjadi bagian  - bagian kecil hingga selesai. Lalu ada yang suka mengerjakannya sekaligus hingga tuntas hari itu juga. Begitu pula dengan waktu kerja. Mood tiap orang berbeda. Ada yang lebih suka mood kalau pagi hari , dan ada sebaliknya malah moodnya malam hari.

Berikut  ini adalah contoh ritme kerja saya dalam membuat blog:
  1. Target tinggi. Saya lebih bersemangat bila target yang dibuat sangat tinggi, saya memiliki target untuk menuntaskan blog ini dalam waktu 1 bulan. Dengan tantangan yang tinggi ini , saya menjadi sangat bersemangat dan bergairah untuk menyelesaikannya.
  2. Waktu cepat selesai. Saya menetapkan target untuk cepat menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Kadang waktu yang saya tetapkan diluar kemampuan standar umumnya. Tapi dengan target penyelesaian yang cepat , saya menjadi terus bersemangat dan bergairah dalam bekerja.
  3. Fokus. Saya lebih merasa tenang dan damai, bila saya menuntaskan pekerjaan satu demi satu. Dalam blogging , saya memiliki 6 blog.Dan semuanya saya urus bersama - sama. Akibatnya saya malah jadi kendor dan kadang putus harapan, karena pusing mencari materi dari 6 blog tersebut.Untuk sekedar Anda tahu , blog ini sudah memiliki 500 artikel yang sudah saya isi dan otomatis akan terbit tiap harinya. Jadi selama 1 tahun lebih, maka saya tidak perlu mengurus blog lagi, karena artikelnya sudah pasti terbit tiap harinya. Jadi setelah 1 blog selesai, saya baru mulai membuat blog lain dan menyiapkanya hingga 500 artikel yang akan selesaikan dalam waktu 1 bulan ke depan. Kesimpulannya adalah dengan fokus , maka kerja saya 1 tahun bisa saya selesaikan dalam waktu 1 bulan, baru beralih ke pekerjaan berikutnya.

Terlepas dari itu semua setiap orang adalah unik. Entah apa yang membuat anda tetap bersemangat dan terus bekerja, itulah sebenarnya ritme kerja anda. Jadi cara untuk membuat Anda mengenal ritme kerja Anda, adalah dengan memahaminya sendiri.
  1. Anda harus kenal kapan Anda merasa bersemangat? 
  2. Bagaimana cara kerja yang membuat Anda bersemangat? 
  3. Dimana Anda merasa bersemangat mengerjakannya? 
  4. Faktor pendukung apa yang bisa membuat anda bersemangat ? Misalnya rokok , kopi atau sambil mendengar musik. 
  5. Dan terakhir adalah tujuan atau target selesainya pekerjaan harus jelas. Ada yang sangat bersemangat bila selesai secepat mungkin. Ada pula yang sangat semangat bila tidak terlalu buru - buru selesai.
Semoga tips berikut ini berguna untuk Anda untuk meraih sukses Anda.

1 komentar:

  1. makasih gan buat ane yang kaga teratur banget sama waktu semoga bisa bermanfaat

    mampir ya
    pennakeriing.blogspot.com

    BalasHapus