.

Sukses Kontrol Nafas

Sukses Kontrol Nafas
  1. Cobalah luangkan waktu setiap hari untuk mempunyai "waktu tenang", di mana Anda bisa lakukan latihan pernapasan.
  2. Kadang membantu juga untuk ikut kelas latihan pernapasan sesuai kondisi Anda. Jika mengurangi stres dan melakukan rileksasi adalah tujuan, mungkin yang paling baik adalah kelas yang menawarkan latihan pose tubuh yang benar, rileksasi dan meditasi.
  3. Kalau tak punya waktu untuk ikut kelas yoga, meditasi, atau teknik relaksasi lainnya, ANda bisa membeli resperate. Alat seperti walkman ini bisa memandu Anda memperlambat pernapasan. Di AS, harganya USD 300.
  4. Lakukan latihan di setiap waktu yang sama setiap hari, dan miliki tempat khusus , misalnya di sudut kamar tidur, untuk menjadi tempat Anda berlatih.
  5. Kombinasikan latihan rileksasi dengan mendengarkan musik favorit yang dapat meningkatkan mood atau Anda anggap bisa menenangkan.
  6. Mintalah orang - orang di runah atau di mana pun Anda berileksasi untuk tak mengganggu Anda. Matikan suara - suara yang mengganggu seperti bunyi telepon genggam.
Ada penelitian yang menyebutkan ada cara lain untuk membantu latihan pernapasan. Adalah Lunciamo Bernardi, MD dari University of Pavia , italia, yagn risetnya dipublikasikan dalam British Medical Journal edisi akhir Desember 2005 lalu. Ia menemukan bahwa melantunkan puji - pujian seperti doa Ave Maria, atau melafalkan mantra yoga, memberi efek bagi sistem kardiovaskular. Keduanya menurut Bernardi, ternyata dapat memperlambat laju pernapasan ke tingkat yang sama dengan ritme sirkulasi yang natural, yakni 6 nafas per menit. Menurut penelitian Bernardi, manfaat yang sama juga dialami orang yang melantunkan ayat -ayat Alquran atau doa - doa dalam agama Hindu atau Budha. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar